Laman

Selasa, 24 Januari 2012

Rute Pilihan Menuju Derawan

Photo : Rika Ramlan, Lokasi : Pulau Derawan
Keindahan kepulauan Derawan kini semakin dikenal luas. Agen perjalanan yang memfasilitasi transportasi dan akomodasi ke kepulauan tersebut mulai bermunculan. Kepulauan yang menawarkan keindahan panorama pulau tropis, hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang sangat jernih, bioversitas kelautan yang memukau, koral yang terjaga, spesies penyu hijau yang masih mudah dilihat hingga keindahan danau Kakaban yang berada di pulau Kakaban dengan spesies khasnya yaitu ubur-ubur yang tidak beracun.
Tulisan ini sengaja saya angkat kembali dikarenakan semakin banyaknya pengunjung yang mencari informasi rute perjalanan menuju pulau ini. Maklum saja, sarana transportasi di negara ini masih cukup sulit, menguras tenaga dan juga biaya perjalanan anda. Berikut saya sajikan beberapa alternative rute perjalanan yang dapat anda pilih. Kepulauan Derawan sendiri terletak di Kabupaten Berau provinsi Kalimantan Timur. Akes menuju pulau wisata kelas dunia tersebut dapat ditempuh melalui ibukota Kabupaten Berau yaitu Tanjung Redeb atau melalui kotamadya Tarakan. Untuk anda yang berada di luar pulau Kalimantan, pintu masuknya tentu saja melalui kotamadya Balikpapan terlebih dahulu.


A.      RUTE REGULER VIA TANJUNG REDEB - BERAU
·         Balikpapan
Bandara Sepinggan adalah bandara domestic dan internasional. Maskapai penerbangan yang melalui bandara ini adalah Garuda Indonesia, Air Asia, Batavia Air, Lion Air, Merpati Air, City Link, Sriwijaya Air, Silk Air, Pelita Air Service, Kalstar Aviation, Airfast Indonesia, Susi Air, Trigana Air.

Jakarta – Balikpapan Rp. 600.000,-
Kuala Lumpur – Balikpapan Rp. 300.000,-

Harga tentative, peak season bisa lebih mahal

Untuk teman-teman yang berasal dari Medan, Aceh atau Padang sebaiknya melalui jalur Kuala Lumpur karena harga yang dirogoh lebih hemat. Tetapi tentu saja dengan mempelajari pergerakan harga tiket yang fluktuaktif. Ada baiknya mengaktifkan notifikasi e-mail dengan menjadi member maskapai penerbangan yang ada, agar setiap informasi promo penerbangan dapat dipantau.

·         Kabupaten Berau
*Jalur Udara

Di Kabupaten inilah kepulauan Derawan berada. Ibukota kabupaten ini adalah Tanjung Redeb. Terdapat bandara Kalimarau yang melayani rute domestic. Maskapai penerbangan yang melayani rute ini adalah Kalstar Aviation, Trigana Air Service, Batavia Air Boing 737-300, Sriwijaya Air Boing 737-300. Lalu lintas udara rute ini masih terbilang sepi, sehingga harga yang ditawarkan untuk penerbangan ke Bandara ini lebih mahal dibanding ke Bandara Juwata Tarakan, meskipun jarak tempuh ke Tarakan lebih jauh.

Balikpapan – Berau Rp. 500.000,-
Harga tentative, peak season bisa lebih mahal

Dari Bandara Kalimarau anda masih harus menempuh perjalanan darat  sejauh + 80 kilometer untuk menuju kecamatan Tanjung Batu. Moda transportasi yang melayani rute ini adalah kendaraan roda empat sejenis mini bus berplat nomor kendaraan hitam. Tarif rute ini adalah :

Bandara Kalimarau – Tanjung Batu Rp. 50.000,-

*Jalur Darat
Dari Bandara Sepinggan Balikpapan untuk menuju Kabupaten Berau dapat ditempuh melalui jalur darat. Jarak antara kota Balikpapan – kabupaten Berau 690 kilometer.

Pilihan sarana transport dari Bandara Sepinggan – Terminal Sei Kujang Samarinda

Balikpapan – Samarinda :: mini bus plat hitam Rp. 70.000,- (nego)
Balikpapan – Samarinda :: taksi blue bird Rp. 250.000,-
Balikpapan – Samarinda :: bus ekonomi Rp. 25.000,-


·         Kota Samarinda - Berau
Jarak kota Samarinda – kabupaten Berau sejauh 575 kilometer. Moda transportasi darat yang melayani rute ini kendaraan jenis mini bus dan bus.

Terminal Sei Kujang – Tanjung Redeb Berau :
Bus Mosa Persada : Rp. 150.000,- + 15 jam perjalanan
Agen :  Jl. Pemuda no. 3, Samarinda

Mini Bus (i.e. Avanza, Kijang) Rp. 250.000,- + 13 jam perjalanan

Notes : Kondisi jalan darat sangat buruk, sehingga perjalanan anda akan terganggu. Terutama di daerah Kutai Timur. Samarinda – Berau bisa menjadi 3 (tiga) hari. Check it out : http://www.balikpapanpos.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=53575


·         Tanjung Batu – Pulau Derawan

Speed Boat Reguler Rp, 50.000,- Jadwal tidak tetap
Carter Speed Boat Kapasitas 5 (lima) penumpang Rp. 250.000,- (nego)
Waktu tempuh Tanjung Batu – Pulau Derawan : + 120 menit

CONTACT PERSON DERAWAN ISLAND
Bapak Sanusi : Sari Cottage Derawan 081346538448
Pak Usmar (penginapan) = 081347807078
Hendrik (sewa boat) = 081346531978
Pak Heru - Derawan Beach Cafe & Cottage- 081346562765 untuk penginapan
Pak Kadek (Danakan Dive Center 08134621782 untuk trip dari masalah sewa mobil, sewa perahu sampai dengan dive trip)

Sumber : Samarinda Backpacker on Facebook http://www.facebook.com/groups/170133246331901/


B.      PAKET TOUR  VIA TARAKAN (RECOMMENDED)
Kepada teman-teman yang terbiasa memilih cara bepergian ala backpacker memang akan terasa lebih hemat dan taste adventurenya lebih terasa. Namun jangan kuatir, dengan paket tour aroma petualang tersebut juga tercium dengan cara ini. Alasan saya merekomendasikan paket tour, karena sulitnya menuju lokasi ini dengan cara regular biasa. Karena akan menguras biaya dan tenaga jika mengambil pilihan rute regular. Terlebih jika ingin mengunjungi lokasi ini seorang diri atau hanya kelompok kecil. Sarana transportasi yang tidak pasti jadwal keberangkatannya dapat menjadi ancaman borosnya waktu di sesi perjalananan anda. Sayapun baru dapat menikmati pulau ini setelah mendapatkan paket tour via kota Tarakan di tahun 2009 silam. Hingga kini, jadwal tour oleh pihak travel agent di kota tersebut telah menjadi kalender rutin dan dapat diakses mudah melalui website resminya.
Ada dua travel agent di kota Tarakan yang dapat saya share di media ini, silakan pilih atau hubungi saja kontak person di dalamnya.

Notes : penulis bukan bagian dari perusahaan travel agent tersebut, sehingga informasi ini pure untuk memberikan kemudahan kepada sahabat yang membutuhkan. Amal.com ^_*

·         Kotamadya Tarakan
Nama bandara di kota ini adalah Bandara Internasional Juwata. Maskapai penerbangan yang melalui rute ini adalah : Lion Air, Sriwijaya Air, Batavia Air, Susi Air, Kalstar Aviation dan Maswings (Kinabalu, Tawao – Malaysia)
Jika anda berangkat dari kota Jakarta sebaiknya memilih penerbangan langsung ke kota Tarakan (transit Balikpapan). Harga yang dirogoh akan lebih murah dari pada mengambil dua kali penerbangan. Harga tiket pesawat Jakarta – Tarakan juga lebih murah dibanding rute Jakarta – Berau.

Bandara Soekarno Hatta Jakarta – Bandara Juwata Tarakan Rp. 600.000,-
Harga tentative, peak season bisa lebih mahal
Notes :
Angka ini saya ambil dari harga yang ditawarkan maskapai penerbangan Lion Air dengan harga promo dan waktu booking 15 (lima belas hari) sebelum keberangkatan.

TOUR AND TRAVEL AGENT TARAKAN
GPS TOUR TARAKAN

Jadwal Trip Reguler 3D2N - Derawan, Sangalaki, Kakaban & Maratua

26 Januari 2012
23 Maret 2012
06 April 2012

Biaya & Fasilitas
PAKET TRANSPORT : Rp.599.000/orang
- Transportasi Tarakan-Derawan-Sangalaki-Kakaban-Maratua PP + Asuransi.

PAKET HEMAT : Rp.799.000/orang
- Transportasi, Asuransi, Home Stay (1 kamar 3 orang), Snack Pagi Saja (Tanpa makan siang dan malam)

PAKET STANDART : Rp.949.000/orang
- Transportasi, Asuransi, Standard Room non AC (1 kamar 2 org), Makan Pagi, Siang dan Malam, Tour Guide.

PAKET VIP : Rp.1.349.000/orang
- Transportasi, Asuransi, AC Room, Makan pagi, siang dan malam, Snorkel (Masker+Pipe) 1 day full, Tour Guide.

PAKET VVIP : Rp.1.749.000/orang
- Transportasi, Asuransi, Beach Villa Full AC, Buffet Makan Pagi, Siang dan Malam, Tour Guide, Free one set of Snorkel All Day, T-shirt, Banana Boat, Refleksi, Jemputan bandara-pelabuhan, Tarakan City Tour.

"Limited seat, First come first serve"

GPS ADVENTURE TEAM
• Phone : +62 551 2026485
• HP : +62 852 31727576 (Deni)
• YM : gps.deni
• FB : Gps Deni
• PIN BB : 236A3BE5
• Email : gps.deni@yahoo.com
• Office : Jl. Aki Balak No. 103 RT.60 – Tarakan

PT. MITRA ABADI TRAVEL

Paket Wisata Bersama, 3D2N – Derawan – Maratua – Kakaban - Sangalaki

Paket yang ditawarkan Agen Perjalanan ini tak jauh berbeda dengan Agen Perjalanan lainnya, baik itu rute atau harga yang ditawarkan. Agen ini juga melayani paket perjalanan jika anda memutuskan untuk landing di Bandara Kalimarau, Tanjung Redeb Berau. Agen akan menjemput anda dan memfasilitasi segala keperluan transportasi anda. Silakan lihat di webisite resminya atau laman facebook Agen tersebut.

Contact Person :
Bpk. Jimmy M. Telp. (0551) 55537555 HP : 0813 50 555 555

Tambahan Informasi dari Agen Perjalanan ini :
·    
·         Paket Diving :    
Rp. 300.000,- (Sertificate, Dive Point Derawan)
Rp. 550.000,- (Fun Dive, Non Sertificate, Dive Point Derawan)

BENANG MERAH
Sebagai Penutup, Saya merekomendasikan pilihan berwisata bahari anda dengan memilih paket tour. Karena laut untuk menuju pulau Derawan terkadang berombak besar, sehingga jika menggunakan boat kecil kapasitas 5 (lima) orang penumpang akan berisiko. Paket tour juga include dengan insurance life. Untuk mendapatkan view yang indah sebaiknya memilih hari keberangkatan di musim panas.
Panduan wisata ini masih dapat diperbaiki jika memang data yang saya tampilkan tidak akurat.

Photo : Wita Sari and family, Lokasi : Pulau Sangalaki


INFORMASI HOTEL DI KOTA TARAKAN

Berikut saya lampirkan daftar hotel dan penginapan yang beroperasi di kota Tarakan. Data ini diperoleh dari situs www.seputarkaltim.com/ update tahun 2010. Jika anda ingin mendapatkan informasi tambahan, silakan mengkonsultasikan pada agen perjalanan anda. Hotel-hotel di kota Tarakan sangat banyak dan mudah ditemukan. Saran saya silakan mencari lokasi penginapan yang berada di Jalan Yos Sudarso, Jalan Jenderal Sudirman atau Jalan Mulawarman. Karena ketiga jalan tersebut merupakan jalan utama di kota ini. Jika anda memilih hotel dengan lokasi pusat kota anda dapat berkunjung sejenak ke lokasi wisata kota Tarakan yang telah menjadi trademark kota paguntaka ini. Wana Wisata tersebut bertajuk Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan di jalan Gadjah Mada Tarakan.

Berikut Daftar Pilihan Hotel di Tarakan
1. Hotel Asia (M)
Pemilik : Hj. Siti Nurbayah
Alamat : Jl. Sebengkok Tiram RT.5 RW.2 Tarakan
Telpon : 36706 / 22393
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Breakfast & Softdrink, Kaca Rias & Lemari, Shower Hot & Cool Water.
Jenis & Harga Kamar :
- Duluxe Rp. 165.000
- Standard I Rp. 155.000
- Standard II Rp. 100.000
- Ekonomi Rp. 65.000

2. Hotel Bahagia
Pemilik : Kristianto / Yenni
Alamat : Jl. Gajah Mada RT.2 Tarakan
Telpon : 21593
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Telepon, Bathroom
Jenis & Harga Kamar :
- Deluxe Rp. 120.000
- Standar Rp. 100.000
- Ekonomi Rp. 60.000

3. Hotel Bahtera (*)
Pemilik : Johny Wong
Alamat : Jl. Sulawesi RT.18 No.1 Tarakan 77121
Telpon : 21822
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Bar, Restoran, Karaoke, Meeting Room, Message, Room Service, Taxi Hotel, Barber Shop, Telepon
Jenis & Harga Kamar : – Jr Suite Rp. 275.000

4. Hotel Barito (M)
Pemilik : Roshayati M. Ludjen
Alamat : Jl. Jend.Sudirman No.133 Tarakan
Telpon : 21212
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Fan, Telepon
Jenis & Harga Kamar :
- Superior Rp. 95.000
- Standar Rp. 75.000
- Ekonomi Rp. 65.000

5. Hotel Barito Timur (M)
Pemilik : Roshayati M. Ludjen
Alamat : Jl. Jend. Sudirman RT.5 No.129 Tarakan
Telpon : 21181
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Meeting Room, Telepon, Fan, Room Service
Jenis & Harga Kamar :
- VIP Rp. 160.000
- Deluxe Rp. 136.000
- Standar Rp. 120.000

6. Hotel Bintang (M)
Pemilik : Chandra Irawan
Alamat : Jl. Jend. Sudirman RT.15 No.20 Karang Balik, Tarakan.
Telpon : 33533 / 35068
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Telepon, Coffe Shop, Breakfast, Mini Bar, Shower.
Jenis & Harga Kamar :
- VIP Rp. 205.000
- Deluxe Rp. 170.000
- Ekonomi Rp. 150.000

7. Hotel Bumi Palapa Indah (M)
Pemilik : Suito Kurniawan
Alamat : Jl. Jend. Sudirman RT.11 No.145 Tarakan 77111
Telpon : 21617 / 34333
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Telepon, Fan
Jenis & Harga Kamar :
- Standart I Rp. 125.000
- Standart II Rp. 110.000

8. Hotel Bunga Muda (M)
Pemilik : Hj. Bunga Wati P.
Alamat : Jl. Yos Sudarso RT.11 No.7 Kel Lingkas Ujung, Tarakan
Telpon : 21349
Fasilitas yg dimiliki : AC, TV, Fan, Telepon, Kipas Angin
Jenis & Harga Kamar :
- VIP 1 Rp. 132.000
- VIP 2 Rp. 162.000
- Deluxe Rp. 88.000
- Deluxe Rp. 108.000
- Standard 1 Rp. 66.000
- Standard 2 Rp. 81.000
- Ekonomi 1 Rp. 55.000
- Ekonomi 2 Rp. 55.000

9. Hotel Dinasty (M)
Pemilik : Widjoyo Sunarko
Alamat : Jl. Kusuma Bangsa RT.5 RW.3 Tarakan
Telpon : 31222 / 31777
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Lift, Hot & Cool Water.
Jenis & Harga Kamar :
- Executive Rp. 155.000
- Deluxe Rp. 135.000
- Standar Rp. 80.000

10. Hotel Faras Indah (M)
Pemilik : H. AM. Hamdi
Alamat : Jl. Yos Sudarso No. 64 Tarakan
Telpon : 51179
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Telepon, Fan.
Jenis & Harga Kamar :
- VIP I Rp. 88.000;-
- VIP II Rp. 99.000;-
- Standart Rp. 77.000,-

11. Hotel Garden City (***)
Pemilik : Eddy Sudiyanto
Alamat : Jl. Mulawarman RT.6 No.15 Tarakan 77111
Telpon : 21133
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Restaurant, Kolam Renang, Buffet, Breakfast, Safety Deposite Box, Airport Shuttle Service.
Jenis & Harga Kamar :
- Executive Suite Rp. 935.000
- Superior Rp. 415.000
- Deluxe Rp. 550.000

12. Hotel Gatra (M)
Pemilik : Hj. Nurjannah
Alamat : Jl. Yos Sudarso RT.2 No. 02, Tarakan
Telpon : 31427
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Telepon, Fan, Breakfast, Shower.
Jenis & Harga Kamar :
- VIP Rp. 125.000
- Standart 1 Rp. 110.000
- Standart 2 Rp. 115.000
- Ekonomi Rp. 90.000

13. Hotel Gemilang (M)
Pemilik : Erwin Wijaya
Alamat : Jl. Diponegoro RT.5 RW.2 No.04 Tarakan
Telpon : 21521 / 31127
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Fan, Telepon, Room Service
Jenis & Harga Kamar :
- Duluxe Rp. 165.000
- Standar Rp. 135.000
- Ekonomi Rp. 70.000

14. Hotel Grand Diana (M)
Pemilik : H.M. Idris Rasyid
Alamat : Jl. Gajah Mada RT.2 Tarakan

15. Hotel Grand Tarakan (****)
Pemilik : Gusti Syaifuddin
Alamat : Jl. Yos Sudarso Simpang Tiga, Tarakan
Telpon : 34040 / 23788

16. Hotel Grand Taufiq (M)
Pemilik : Abdul Khair, SE
Alamat : Jl. Yos Sudarso RT.7 No.07 Tarakan 77126
Telpon : 36777
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Restauran, Breakfast, Mini Bar, Telepon, Lift, Coffe Shop, Meeting Room.
Jenis & Harga Kamar :
- Deluxe Rp. 190.000
- Executive Rp. 150.000
- Starndard Rp. 135.000

17. Hotel Harmonis (M)
Pemilik : H. Ahmad Sunady, SE.
Alamat : Jl. Diponegoro No. 5 Tarakan 77114
Telpon : 21783 / 24783
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Telepon, Fan, Room Service, Lift, Restauran, Air Panas/Dingin, Meeting Room, Breakfast, Loundry, Full Carpet, Tempat Parkir.
Jenis & Harga Kamar :
- Suite Rp. 265.000,-
- Deluxe Rp. 215.000,-
- Superior Rp. 190.000,-
- Standart 1 Rp. 125.000;-
- Standart 2 Rp. 175.000;-

18. Hotel Jakarta (M)
Pemilik : Hj. Sutarmi
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.14 Tarakan
Telpon : 21704
Fasilitas yg dimiliki : TV, Fan, Telepon, Room Service.
Jenis & Harga Kamar :
- Standar 1 Rp. 80.000
- Standar 2 Rp. 60.000
- Ekonomi Rp. 35.000

19. Hotel Kaisar
Pemilik : Lena Kusumawati
Alamat : Jl. Dr. Soetomo Karang Balik, Tarakan.
Telpon : 36459 Fax. 36639
Fasilitas yg dimiliki : TV, Telepon, Breakfast
Jenis & Harga Kamar :
- Superior Rp. 150.000
- Deluxe I Rp. 162.000
- Deluxe II Rp. 136.400
- Standar Rp. 118.200
- Ekonomi I Rp. 72.750
- Ekonomi II Rp. 50.000

20. Hotel Makmur (M)
Pemilik : Freddy Alfian
Alamat : Jl. Jend. Sudirman RT.13 No.18-20 Tarakan 77111
Telpon : 31988
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Telpon, Minibar, Shower Hot & Cool Water, Breakfast & Soft Drink, Sofa, Springbed King Koil
Jenis & Harga Kamar :
- Deluxe Rp. 225.000
- Standart I Rp. 180.000
- Standart II Rp. 140.000

21. Hotel Mirama (M)
Pemilik : Thomas Santoso
Alamat : Jl. Jend. Sudirman RT.07 No.13 Tarakan
Telpon : 21637 / 21489
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Telepon, Fan
Jenis & Harga Kamar :
- Standart I Rp. 170.000
- Standard II Rp. 120.000
- Standard III Rp. 100.000

22. Hotel Monaco (*)
Pemilik : Thomas Santoso
Alamat : Jl. Sulawesi RT.18 No.51 Tarakan

23. Hotel Mulia (M)
Pemilik : Elvinae
Alamat : Jl. Yos Sudarso RT.6 Tarakan

24. Hotel Padma (M)
Pemilik : Eddy Leslie
Alamat : Jl. Yos Sudarso RT.11 No.6 Tarakan
Telpon : 33336 / 36888
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Mini Bar, Room Service, Telepon/SLI, Shower Screen, Restoran.
Jenis & Harga Kamar :
- VIP Rp. 350.000
- Deluxe Rp. 200.000
- Standar Rp. 175.000

25. Hotel Paradise (M)
Pemilik : Ir. Suiliadi Purnawan
Alamat : Jl. Mulawarman RT.58 No.21 Tarakan 77111
Telpon : 22999
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Mini Bar, Restauran, Telepon
Jenis & Harga Kamar :
- Suite Rp. 275.000
- VIP Rp. 185.000
- Executive Rp. 155.000
- Duluxe Rp. 140.000
- Superior Rp. 125.000
- Standart Rp. 115.000
- Ekonomi Rp. 100.000

26. Hotel Ramayana (M)
Pemilik : Liman
Alamat : Jl. Yos Sudarso RT.3 No.112 Tarakan
Telpon : 21879
Fasilitas yg dimiliki : TV, Fan, Telepon
Jenis & Harga Kamar :
- Deluxe Rp. 75.000
- Standar Rp. 65.000
- Ekonomi Rp. 45.000

27. Hotel Sakura (M)
Pemilik : Freddy Alfian
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.17 Tarakan
Telpon : 22730 / 23565
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Hot & Cool Water, Springbad King Koil.
Jenis & Harga Kamar : – Standar I Rp. 160.000
- Standar II Rp. 120.000
- Ekonomi I Rp. 120.000
- Ekonomi II Rp. 80.000

28. Hotel Samkho (M)
Pemilik : M.A. Widyaningsih
Alamat : Jl. Mulawarman RT.57 No.11 Tarakan 77111
Telpon : 35100 / 35880
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Fan, Mini Bar, Sofa, Shower, Breakfast, Coffe Shop, Kulkas, Telepon
Jenis & Harga Kamar :
- Suite Room Rp. 247.500
- VIP Rp. 232.500
- Deluxe 1 Rp. 198.750
- Deluxe 2 Rp. 217.500
- Superior Rp. 176.250

29. Hotel Sarinah (M)
Pemilik : H. Amirudin
Alamat : Jl. Kusuma Bangsa RT.7 No.1 Tarakan
Telpon : 35713
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Fan, Telepon, Restaurant, Mini Bar, Room Service
Jenis & Harga Kamar :
- Executive Rp. 50.000
- Deluxe Rp. 50.000
- Standard Rp. 50.000

30. Hotel Surya Mas (M)
Pemilik : H. Majid
Alamat : Jl. Mulawarman RT. 18 Karang Anyar Pantai, Tarakan
Telpon : 35246 / 5507234
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, VCD, Restauran, Diskotik, Kolam Renang, Telpepon, Mini Bar
Jenis & Harga Kamar :
- Deluxe Rp. 170.000
- Standart Rp.130.000

31. Hotel Tarakan
Pemilik : Hj. Te’ne
Alamat : Jl. Pattimura RT.17 No.30A Pamusian
Telpon : 22634
Fasilitas yg dimiliki : TV, Fan, Telepon, Kipas Angin
Jenis & Harga Kamar :
- VIP Rp. 110.000
- Ekonomi Rp. 50.000

32. Hotel Tarakan Plaza (**)
Pemilik : Juanda Lesmana
Alamat : Jl. Yos Sudarso No.1 Tarakan
Telpon : 21780
Fasilitas yg dimiliki : AC, TV, Restaurant, Karaoke, Laundry, Meeting Room, Telp, Fan Ball Room, Bisnis Office.
Jenis & Harga Kamar :
- VIP Rp. 270.000
- Standar Double Rp. 212.500
- Standat Single Rp. 195.500

33. Hotel Taufiq (M)
Pemilik : H. Umar Al Amrie
Alamat : Jl. Yos Sudarso No. 6 Tarakan
Telpon : 21347
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Telepon, Fan, Breakfast, Kipas Angin
Jenis & Harga Kamar :
- VIP 1 Rp. 95.000
- VIP 2 Rp. 110.000
- Standart 1 Rp. 60.000
- Standart 2 Rp. 70.000
- Ekonomi 1 Rp. 40.000
- Ekonomi 2 Rp. 45.000

34. Losmen Cahaya Mulia
Pemilik : Hj. Nori
Alamat : Jl. Yos Sudarso RT.2 No.11 Tarakan
Telpon : 5507464
Fasilitas yg dimiliki : Fan, Telepon.
Jenis & Harga Kamar :
- Ekonomi I Rp. 45.000
- Ekonomi II Rp. 35.000

35. Losmen Citra
Pemilik : Sudarno
Alamat : Jl. Yos Sudarso RT.1 No.29 Tarakan
Telpon : 21693
Fasilitas yg dimiliki : AC Window, Telp, Fan.
Jenis & Harga Kamar :
- Superior Rp. 120.000
- Standar Rp. 85.000
- Ekonomi Rp. 50.000

36. Losmen Permai
Pemilik : Eka Yustisiana
Alamat : Jl. Imam Bonjol, Tarakan
Telpon : 24751
Fasilitas yg dimiliki : AC/TV, Telp Breakfast.
Jenis & Harga Kamar :
- Standar I Rp. 120.000
- Standar II Rp. 100.000










Artikel Terkait
Comments
49 Comments

49 komentar:

  1. thanks infonya, Man...
    kalo msh krg jelas tinggal telp dirimu aja ya hahaha

    _anink_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh anink, via telegram juga bisa.....

      Hapus
    2. hmm...aku jugaabutuhhh inpormasiii banyaakkkkk

      Hapus
  2. waduh saking lengkapnya jadi mlh bingung ha...xx trip tahun depan nih hmmm...apa?

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Terimakasih telah berkunjung. semoga informasinya bermanfaat. salam kenal.

      Hapus
  4. hai salam kenal, aku asina. makasih banyak ya info nya. tgl 27 maret kebetulan aku mo ke tarakan, trus bsknya ke derawan. ngomong2 klo aku cuma mo ke derawan tanpa ambil paket itu memungkinkan ga ya soalnya yg aku baca ga ada kapal reguler ke derawan???
    feel free contact me at lunaofparadise@yahoo.com ya...
    tq.

    BalasHapus
  5. Salam kenal juga Asina. Jalur Tarakan - Derawan tidak ada transport reguler. Adanya hanya dari Tanjung Batu kab. Berau. Kepulauan derawan hanya kecamatan kecil sehingga mobilitas transportasi ќε dan dari pulau tersebut didominasi pendatang dengan tujuan wisata. Sementara transport reguler yang melayani kebutuhan warga terbilang sepi dan tergantung kuota penumpang. Jika Asina hanya ingin ќε pulau Derawan saja, saya sarankan mengambil paket transport dari agen travel saja, untuk penginapan dan makan dapat dicari sendiri ϑî pulau tersebut.

    Terimakasih telah berkunjung ќε Blog saya, semoga bisa membantu. Have nice trip.

    Regards,
    Iman Rabinata

    BalasHapus
  6. sip sip. makasih bnyk ya utk info nya ama info2 di blog kamu ini sangat2 membantu.

    Asina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Asina, silakan kontak saya jika memerlukan informasi tambahan. Semoga perjalanan anda menyenangkan.

      Hapus
  7. salam kenal... jadi kalau dari jakarta harga paling murah berapa ya bang?? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Kalau rame-rame baiknya ngecamp saja. Lebih seru menurut saya pakai tenda. Kalau lewat Tarakan, pakai jasa travel agent dengan paket transport saja. Tarif bisa ϑî cek ќε agent perjalanan yang saya tulis, silakan pilih. Θî artikel lain bertajuk "Eksotisme Kepulauan Derawan" ada saya posting chatting saya dengan seorang sahabat traveler, bisa dijadikan acuan detail cost yang akan terpakai nantinya. Misalkan dapat tiket PP Jakarta - Tarakan seharga 1 juta (pengalaman) lalu ambil transport seharga 600 ribu sementara biaya makan share cost setidaknya ƍαќ sampai 2 juta. Demikian, semoga membantu.

      Hapus
  8. Salam kenal mas, saya sangat terkesan dengan tulisan anda. Saya sebagai orang asli bontang kaltim justru malu karena belum pernah ke derawan (cuma tau nunukan, tarakan & malinau saja). Semoga kedepannya bisa mengexplore daerah sendiri darpiada harus jauh2 ke luar negeri, he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ќε luar negeri juga oke koq, yang penting dapat mengambil dampak positifnya untuk kemajuan pariwisata ќiτά. Derawan iconnya Borneo, silakan memanjakan hati dan pikiran ќε kepulauan indah tersebut. Terimakasih.

      Hapus
  9. Hello,

    Thanks banget buat informasi nya, lumayan lengkap skali.

    aku mau sedikit tanya,
    dari Berau - Tg. Batu itu transportasi nya biasa menggunakan apa ya ? and berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas, maklum, sulit sekali akses net di sini. dari kota Tanjung Redep (Berau) ke Tg. Batu menggunakan mini bus sejenis Avanza di harga 50 ribu.

      dari Tg. Batu ke Pulau Derawan sudah ada transport speed boat reguler.

      Terimakasih

      Hapus
  10. Terima kasih banyak infonya Mas, lengkap sekali :D

    BalasHapus
  11. Halo, bisa minta info kondisi di derawan waktu libur lebaran? Apakah transportasi ke derawan dan pulau2 sekitarnya tetap beroperasi? Bagaimana dgn rumah makan? Bulan agustus kondisi lautnya bagaimana? Thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, saya belum tahu kondisi pulau tersebut ketika lebaran. namun perkiraan saya, sepertinya sama saja dengan daerah lain. Pulau Derawan dan Pulau Maratua adalah pulau berpenghuni yang sepertinya mayoritas muslim, karena terdapat masjid di sana. Dan tetap ramai karena bukan daerah pendatang seperti halnya kota besar seperti Jakarta yang biasa ditinggal mudik penduduknya. Jadi untuk lebaran saya kira tetap ramai koq. Untuk transport, informasi yang saya punya, sekarang sudah semakin ramai, dengan dibukanya jalur reguler dari Tanjung Batu menuju Derawan, jadi akan tetap terlayani. Untuk perairan, memang akan sedikit terganggu karena ombak yang cukup besar. Namun jika menggunakan jasa agen tur, menurut saya akan lebih baik karena jaminan perlengkapan safety-nya lebih baik. Terimakasih.

      Hapus
  12. Pak, kita rencana ke Derawan tgl.23 (ikut paket tour dari Jkt, di karenakan harga tiket tgl.23 mahal, jadi pergi duluan di tgl.21, sekalian mau explore kota Tarakan.
    Kalau saran Bapak lebih baik 2 hari itu kita di Kota Tarakan (pulangnya saya punya 1 malam lagi di Tarakan)atau langsung ke Derawan aja?
    Supaya dekat kemana2 dan tidak kesulitan mencari makanan, bapak ada saran hotel yg strategis dan yg bersih? Juga untuk kendaraan? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tarakan adalah kota transit, kota pulau yang tidak ramai, juga bukan kota wisata, seandainya bisa langsung ke derawan, sebaiknya menghabiskan waktu di derawan saja daripada di Tarakan. tetapi jika kondisinya dea seperti demikian, beberapa alternatif yang bisa dikunjungi di kota Tarakan adalah konservasi mangrove dan bekantan di jalan gajahmada dekat pusat perbenjaan gusher (ramayana), rumah adat suku tidung dan juga museum kota tarakan, fyi : tarakan adalah pulau pertama yang disambangi jepang pada masa penjajahan. warga kota biasa menghabiskan weekend ke pantai amal, namun air laut tidak jernih, tetapi setidaknya dapat menghabiskan waktu di sana sekadar menikmati sajian seafood khas tarakan. untuk hotel bersih, bisa mencoba hotel swissbell di pusat kota, di ariport juwata Tarakan ada perwakilan hotel tersebut, harganya lumayan mahal. untuk melati sepertinya lebih baik menggunakan hotel makmur di jalan jend sudirman. hotel tersebut terbilang baru, jadi propertynya juga masih baru atau bersih. hotel makmur juga berada di pusat kota, banyak jajanan pinggir jalan di dekat hotel. belakang hotel makmur juga komplek perbelanjaan THM. angkutan kota di tarakan adalah mobil jenis carry berdaun pintu berbeda dengan angkot di kota besar yang tak berdaun pintu. semoga dalam membantu, mohon maaf baru direspon, karena posisi saya berada di luar area signal. terimakasih.

      iman rabinata

      Hapus
  13. Pembaca, diantara daftar hotel yang direkomendasikan, untuk sekadar tidur boleh memilih Losmen Citra. dua hari lalu saya ke sana karena ada temen yang nginap di sana. harga 60 ribu, kipas angin, kamar mandi luar, dua dipan. harga tersebut terbilang murah, namun kondisi memang tidak mewah, namanya saja murah, namun cukuplah untuk transit dan ngirit. lokasinya tepat di depan pelabuhan Tengkayu atau SDF (nama dulunya). pelabuhan Tengkayu adalah pelabuhan untuk menuju pulau Derawan. Lokasi tersebut juga terbilang ramai. Terimakasih

    imanrabinata

    BalasHapus
  14. Mas Iman... nanya dong. Sabtu ini saya mau ke derawan. Mohon info, dimana saya bisa naik minibus di berau untuk menuju tanjung batu? apakah minibus ada di bandara? atau hanya ada di terminal berau? terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeaaaaa...padahal mau dihapus, eh kelupaan.

      Hapus
  15. Man, yang Hotel Tarakan, pemilik Hj. Te'ne, tantenya istri si Mantri Ramlan...Hotel apa wisma seh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh apa yak, ga tahu malah yang mana hotelnya hehe

      Hapus
  16. kang, salam kenal.
    klo rekomendasi GPS Tour atau Mitra abadi travel bagus yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf mas, saya tidak bisa memberikan penilaian di media ini, karena saya baru mengikuti salah satu agen perjalanan tersebut. Kabar yang terdengar bahwa seringnya armada speed boat kekurangan bahan bakar saat diperjalanan menjadi alasan mengapa beberapa traveler lebih memilih jalur reguler (ngeteng). Saya sendiri mendapatkan alasan tersebut dari seorang traveler yang lebih memilih jalur Berau. Dan sesungguhnya, sayapun ketika dalam rombongan travel tour saat itu juga kekurangan bahan bakar sehingga mengganggu perjalanan saat kembali ke Tarakan. semoga saja saat ini suda bisa dibenahi oleh pihak travel.

      Alasan lain mengapa traveler memilih cara reguler karena berita yang terdengar bahwa perairan Tarakan tidak aman, frekuensi kejahatan perompakan kapal sangat tinggi. Tetapi menurut saja, jalur tersebut bukanlah jalur yang menjadi target para perompak, karena melalui laut lepas, perompak biasanya melakukan aksinya pada perairan muara sungai sehingga mudah melarikan diri di berbagai anak sungai (pengalaman euy pernah dirampok)

      Alasan lain mengapa traveler memilih ngetengan daripada agen perjalanan karena agenda tour tersebut biasa di hari libur yang berdampak pada mahalnya harga tiket.

      Jika ada waktu akan saya buat juga panduan lebih lengkap rute jika anda memilih cara reguler.

      Terimakasih

      Iman Rabinata

      Hapus
    2. Tgl 30 Desember 2012 saya ikut paket tour dari Mitra Abadi Travel, sukur tidak ada masalah sama sekali termasuk kehabisan bahan bakar diperjalanan dan kegiatan disana jg bnyak dilakukan bersama2 dgn rombongan GPS Tour. Keluhannya hanya waktu yg hanya 3D2N sangat kurang :D mungkin mas iman ada info untuk tour yg 5D4N ??

      Hapus
  17. I've been there all. Tarakan, Mamburungan snake fruit and pineapple.....yummmy. All islands.....I miss u.....

    BalasHapus
  18. Salam kenal mas, saya sekeluarga mau ke derawan akhir maret ini. Tiket sudah ada, tapi mengapa semua penginapan disana sangat susah dihubungi via phone ataupun email (seperti tidak profesional) saya hubungi derawan dive lodge sudah penuh, saya hubungi derawan dive resort tidak pernah tersambung, diemail pun tdk ada balasan, saya jadi sedikit frustasi hehe.. Boleh tau info penginapan yang bagus disana beserta contact person'nya yg bisa saya hubungi. Terima kasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berikut saya berikan cp penginepan yang pernah digunakan beberapa traveler, semoga bisa membantu :
      Lestari 2, H. Memed, 085250229292
      Losmen Danakan, 081347251422

      Hapus
    2. Tambahan lagi nih , copas (sudah ijin pemilik) dari travelblog mba Rahmayana Rebang :

      Penginapan Derawan Lesatri I di Pulau Derawan (non Ac 75.000, tapi jika musim liburan bisa sampai Rp.200.000)
      Penginapan Derawan Lestari II di Pulau Derawan H.Memed HP. 085250229292 atau 081347615894
      Losmen Ilham
      Losmen Danakan HP. 081350982799 atau 081347733701
      Cottage mirolis pelangi HP. 081347807078
      Sari cottage Pak Sanusi HP. 081346538448
      Pak Usmar HP. 081347807078
      Derawan Beach Cafe & Cottage Pak Heru HP. 081346562765
      Penduduk local yang biasanya menyewakan rumahnya/homestay (tidak diatas air) Pak Ading Hp. 085246931762

      Hapus
  19. Makasih banget infonya, berguna bangettt. Sekali lagi thank you :)

    BalasHapus
  20. Oh iya satu lagi, kalo cuma ambil paket transport ada keuntungan dan kelebihannya gitu gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, baru balas, udah dibaca di inbox mail, saya kira udah dibales hehe.

      kalau ambil paket transport kalau bicara untungnya yak, bisa nyari hotel/penginapan sendiri sesuai selera, kalau mau irit bisa sekamar 3 orang seperti yang sering dilakoni backpacker. atau kalao mau yang mewah bisa nyari cottage yang benar-benar menghadap pantai.

      untuk makan, disana juga mudah untuk mencari warung makan atau kalau ingin nikmati udara adventure, bisa beli ikan segar dari penduduk lalu dibakar bersama di pinggir pantai dengan bulan purnama sebagai penerangnya, hehe.

      catatan, bukan di highseason yak, kuatir penginepan fullbooked.

      beberapa pekan lalu, keluarga dan teman-teman kerja saya ke sana, karena agenda keluarga, maka pilihannya menyewa guesthouse saja, bisa irit, karena bisa menampung semuanya, meski tumpah ruah jadi satu.

      semoga membantu, sekali lagi maaf baru dibales.

      boleh hubungi saya di Blackberry Pin : 277ddee0 atau whatsapp, line, wechat di 082159816748

      terimakasih.

      Hapus
  21. Jika butuh speed boat ke derawan bisa hubungi kontak ini Rahman. 082153881333 dan ada jalur dari tarakan ada jalur via darat dari tanjung selor ke tanjung batu dan dari tarakan dulu baru ke tanjung selor ..dan jika butuh lebih lengkap klik www.derawan-tour.com ...thanks,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih tambahan infonya. Jika tidak keberatan Explore Derawan bisa menuliskan tarif dan kuota penumpangnya, karena data yang saya tulis masih di tahun 2012, dan tentu sekarang telah berbeda karena kenaikan harga BBM. teman-teman lain yang ingin mengunjungi Derawan bisa menghubungi kontak yang tertera selain dua travel agent yang telah saya kenalkan di tulisan di atas.

      Ingin menggunakan travel agent atau ngeteng sambil mendirikan tenda, semua adalah pilihan anda. Tulisan ini hanya sekadar berbagi informasi. Terima kasih.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    3. Terima kasih tambahan infonya. Jika tidak keberatan Explore Derawan bisa menuliskan tarif dan kuota penumpangnya, karena data yang saya tulis masih di tahun 2012, dan tentu sekarang telah berbeda karena kenaikan harga BBM. teman-teman lain yang ingin mengunjungi Derawan bisa menghubungi kontak yang tertera selain dua travel agent yang telah saya kenalkan di tulisan di atas.

      Ingin menggunakan travel agent atau ngeteng sambil mendirikan tenda, semua adalah pilihan anda. Tulisan ini hanya sekadar berbagi informasi. Terima kasih.

      Hapus
  22. derawan memang indah banget gan

    BalasHapus
  23. Klo dri banjarmasin ...biaya transpot.y kira" brapa yaa

    BalasHapus
  24. Terima kasih infonya mas, sangat berguna buat perjalanan saya nanti

    BalasHapus
  25. mau nanya nih. kalo di samarinda nyari mini bus nya berapa yaaa

    BalasHapus