Rabu, 02 Januari 2013

Istana Pagaruyung


Istana Pagaruyung - Batu Sangkar, Sumatera Barat

Jika tak memiliki waktu banyak untuk Sumatera Barat, silakan pelajari dengan seksama objek apa saja yang harus anda kunjungi. Sumatera Barat, memiliki ragam lokasi memanjakan mata yang tak akan habis buat anda sambangi, meski setahun ngetripnya *lebay. Ingin laut, pantai, gunung, lembah, ngarai, sungai hingga wisata budaya. Sumatera Barat juga memiliki tokoh-tokoh yang menghiasi sejarah bangsa Indonesia. Sumatera Barat memiliki banyak legenda yang sayang untuk anda lewatkan untuk mengenal situs-situs peninggalannya. Salah satu wisata budaya yang bisa anda jadikan alternatif berkunjung adalah Istana Pagaruyung.



Istana Pagaruyung merupakan istana Rajo Alam Minangkabau yang kembali dibangung pada tahun 1976. Istana ini memiliki 11 gonjong, 72 tonggak dan 3 lantai. Letak istana berada berada di kabupaten Tanah Datar. Istana ini disebut juga dengan nama Istana Basa.

Istana Pagaruyung adalah pilihan tepat untuk bisa menyaksikan langsung kegagahan konstruksi masyarakat minangkabau yang telah menjadi ikon sumatera barat tersebut. Sebenarnya ketika kita berada di kota Padang dan sekitar, model bangunan dengan atap seperti tanduk kerbau tersebut sudah dengan mudah kita temui, seperti bangunan museum, hotel atau perkantoran. Tetapi, Istana Pagaruyung, tentu memiliki sensasi berbeda jika kita menyaksikannya.

Akses menuju lokasi ini, bisa ditempuh dari kota Bukittinggi, dari terminal Aur Kuning, silakan mencari mini bus jurusan kota Batu Sangkar, kabupaten Tanah Datar. Jarak tempuh Aur Kuning - Batu Sangkar 58 km, dengan tarif 8 ribu rupiah. Bilang saja ingin ke Istana Pagaruyung, agar diturunkan di perempatan lampu merah, karena mini bus tersebut tidak melewati jalan tempat istana tersebut berada. Dari perempatan, terdapat pangkalan ojek yang sudah paham akan pengunjung yang ingin ke Istana Pagaruyung, tarif ojek 5 ribu rupiah nggak pake peluk *LoL.



ooOoo


Artikel Terkait
Comments
7 Comments

7 komentar:

  1. kalau pake peluk berpa kak..wahahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngeeekk ngooookkk...cobain saja nanti, aku tunggu hasilnya, haha.

      Hapus
    2. kemarin k sana gak pake ojek,,,wahaha :p

      Hapus
    3. ahaha, sayang sekali, dikau tak dapatkan sensasinya..wkwkw

      Hapus
  2. informatif sekali, sebagai traveler penikmat spesialis bangunan klasik, spot ini pasti akan saya kunjungi untuk trip domestik kedua saya akhir januari nanti, mudah2an terencana

    fakhruddin m jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo mas Fakh, silakan dinikmati keindahan budaya bangsa kita.

      Hapus
  3. hahagzzz untung ke sini di host... sempat terpenjara berhari hari di batu sangkar... dari namanya saja horor... mulai ketilang polisi 2x da gbs damai.. duit ludessssssss dah wkkwkww... tp so far keren dah istana pagr ruyung "D

    BalasHapus