Kamis, 27 Maret 2014

Inilah Pemenang Lomba Penulisan Blog Hutan Greenpeace Indonesia

Tanggapan  penuh antusias yang sangat baik kami dapatkan dari 138 blogger peserta kompetisi ini. Dan akhirnya kami telah memilih 3 tulisan terbaik.
Bagaimana caranya memilih tiga tulisan terbaik dari 138 tulisan yang masuk? Selama satu minggu tim dari Greenpeace membaca dan memilih tulisan-tulisan yang masuk lalu kemudian diseleksi bersama oleh empat anggota Dewan Juri yang terdiri dari:
  • Amanda Katili Niode, Koordinator Divisi Komunikasi, Informasi dan Pendidikan Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI)
  • Jeri Aurum, Fotografer dan penulis blog
  • Pepih Nugraha, Wartawan Kompas dan Editor Kompasiana
  • Longgena Ginting, Kepala Greenpeace Indonesia




Melalui proses tersebut, akhirnya terpilih tiga pemenang utama  Lomba Penulisan Blog Hutan Greenpeace Indonesia.
Ternyata bukan hal yang mudah untuk menentukan tiga pemenang yang akan menerima apresiasi perjalanan ‘bearing witness’ ke jantung hutan Indonesia. Tulisan-tulisan yang masuk sangat menarik dan berasal dari seluruh Indonesia yang bercerita tentang hutan Indonesia, potensi dan tantangan yang dihadapi dengan kreatifitas yang disertai ketrampilan menulis yang apik.
Dewan Juri bertemu pada hari Kamis, 27 Februari untuk memberikan penilaian kualitatif dari 15 finalis yang lolos seleksi awal. Dari hasil ulasan dan diskusi juri, Dewan Juri menyampaikan kesimpulan dan dasar bagi penentuan pemenang penulisan blog tersebut, yaitu:
  • Kreatif dan Orisinal
Dalam penulisan blog sebaiknya hindari pemikiran ‘text-book’“, demikian disampaikan Kang Pepih dalam ulasannya. Salah satu penilaian adalah kemahiran para penulis blog dalam menyederhanakan data dan hal-hal yang abstrak. Pendekatan fiksional dengan tokoh seorang anak kecil yang memainkan empati terlihat kental dalam sebuah blog yang akhirnya menjadi salah satu pemenang. 
  • Kekuatan solusi
Sepertinya harus terus digali tulisan-tulisan yang menekankan intensi untuk melakukan aksi.”, masukan dari Mas Jeri Aurum. Hampir seluruh tulisan yang dikirim menekankan pada fungsi dan peran hutan serta fakta kerusakan yang saat ini terjadi, tapi kekuatan solusi dijumpai pada sebuah tulisan yang dikirim oleh seorang Ibu dari Bondowoso yang memberikan solusi-solusi kreatif, apik namun juga dengan mudah bisa dilakukan siapapun yang terpanggil untuk ikut melestarikan hutan.
  • Judul, Judul, Judul
Semua juri mengamini pentingnya sebuah judul seperti yang disampaikan oleh Kang Pepih, “Perhatian pembaca online sangat terbatas karena begitu banyaknya pilihan yang diberikan, karena itu sangat penting untuk memilih judul yang bisa memenangkan perhatian di awal.” Judul-judul yang dramatis, lugas dan unik adalah sebuah syarat mutlak keberhasilan sebuah blog dalam memenangkan perhatian pembacanya.




Dan setelah melewati ulasan, diskusi dan penilaian kualitatif, maka tiga blog inilah yang terpilih menjadi pemenang lomba blog hutan Greenpeace Indonesia:
Widyanti Yuliandari, Bondowoso
Save Our Paradise: Menyelamatkan hutan dimulai dari rumah
http://wyuliandari.wordpress.com/2014/02/15/menyelamatkan-hutan-dimulai-dari-rumah/
 
Iman Rabinata, Tarakan
Namaku Kalet
http://imanrabinata.blogspot.com/2014/02/namaku-kalet.html

Afif Fajar Zakariya, Malang
Saatnya melindungi hutan dengan kreatif
http://ubahlahdunia.blogspot.com/2014/02/saatnya-melindungi-hutan-dengan-kreatif.html

Mempertimbangkan tulisan-tulisan kreatif lainnya dengan semangat pelestarian hutan Indonesia, maka Greenpeace Indonesia dan Dewan Juri juga memilih 5 blog yang menjadi pemenang hiburan dengan hadiah goodie bag kampanye Protect Paradise. Mereka adalah:
Lusiana Trisnasari, Riau
Protect Riau’s Paradise
http://burselfwoman.com/2014/01/protect-riaus-paradise/

Rahmayana, Kutai Barat
Bangkitnya Lembo (Hutan Buah-Buahan) Tradisi Masyarakat Dayak Indonesia
http://yanarebang.blogspot.com/2014/02/bangkitnya-lembo-hutan-buah-buahan.html

Danang D Cahyadi, Bogor
Hutan Indonesia: Kekayaan dan Kompleksitas Masalah
http://masdab-danang.blogspot.com/2014/02/hutan-indonesia-kekayaan-dan.html

Sigit Pamungkas, Bandar Lampung
Dimana aku, dimana rumahku?
http://literacymediaagent.blogspot.com/2014/02/dimana-aku-dimana-rumahku.html

Pradika Anas K
Hutan Yang Menua
http://annasaja.blogspot.com/2014/02/hutan-yang-menua.html

Selamat kepada para pemenang!

Terima kasih kepada para peserta lain yang telah berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan hutan Indonesia dengan mengikuti lomba ini. Inilah bukti bahwa kita semua bisa menjadi penentu masa depan hutan Indonesia melalui bakat yang kita miliki dan semangat pelestarian yang kita tularkan kepada banyak orang. Tetaplah berkarya dan miliki keyakinan hutan yang lestari bagi masa depan kita semua!




 Iman Rabinata : Disalin ulang dari website : http://www.greenpeace.org/seasia/id/blog/inilah-pemenang-lomba-penulisan-blog-hutan-gr/blog/48361/



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar