Rabu, 15 Desember 2010

Tiga Pantai Dua Hari di Satu Kota

Pasir Putih Malikan (Papuma) - Jember
 
Perjalanan menuju kabupaten Jember Jawa Timur kutulis dari kota Surabaya. Menumpang sebuah bus dari terminal Bungur jurusan Jember kupastikan langkah dan niat dihati, berharap ridhoNya senantiasa menyertai perjalanan ini. dari Pasar Tanggul aku telah ditunggu di lokasi ini. yup, karena menuju kediamannya tidak terdapat sarana transportasi. Meskipun jalan telah beraspal dan dalam kondisi yang baik, namun karena ini adalah daerah pedesaan dengan sedikit warga yang mendiami lokasi ini. sepanjang jalan yang tampak hanyalah hamparan luas sawah yang telah selesai dipanen, sebagian masih tampak beberapa petak padi yang telah menguning, menunggu giliran untuk dipanen. Dan di beberapa petak tampak hamparan kebun jagung begitu luasnya. Sangat indah lokasi pedesaan ini.

Tiba di kediaman sahabat ini, aku telah disambut oleh keluarganya yang begitu hangat, aku disediakan sebuah kamar untukku menginap. Setelah makan siang, aku juga disuguhkan buahan belimbing yang begitu ranum, segar dan berukuran cukup besar. Daerah ini juga ternyata penghasil buah belimbing, selain jeruk dan buah mangga. Mereka menyarankan aku untuk istirahat sejenak. Namun aku memilih untuk duduk bersantai di beranda rumahnya yang lengkap dengan halaman dan pohon mangga yang tampak berbuah rindangnya. Sore hari ekspedisi dimulai. Edi, sahabat baik ini mulai mengajakku melihat keindahan pantai di kabupaten Jember ini.

Pantai Bandealit - Jember
Ini adalah lokasi pertama yang aku kunjungi,,,,wuihhhh,,surprise!!!, ombaknya beriak, angin kencang menghembus, tampak batu karang dengan gagah di seberang, pasir hitam bak beranda menawarkan alternatif ketenangan menikmati sore di pantai ini.
Pantai Bandealit - Jember
Menyaksikan sunset adalah pengalaman tersendiri, mencoba menyelami mengapa orang begitu banyak menginginkan moment seperti ini, apakah saat matahari terbenam adalah saat yang paling romantis…??? Ngga tau deh, setauku malah, di jam jam segini setan pada keliaran,,,hihihi.


Pantai Watu Ulo - Jember


Keesokan paginya, langkah kaki terus menuju objek yang laen, kali ini adalah pantai Watu Ulo, dinamakan demikian karena di sisi pantai terdapat batu memanjang ke arah laut menyerupai badan ulo (ular, jawa). Pantai ini pun tak kalah indahnya, hanya saja pasirnya berwarna cokelat kehitaman, seperti kulitku,,,but black is sexy!!!


Pantai Pasir Putih Malikan - Jember
Tidak jauh dari pantai watu ulo terdapat juga pantai pasir putih Malikan, dan tradaaaa..... pantainya indaahh... banget, pasirnya memang lebih putih, debur ombak terdengar riak menerjang batu karang, dan harmonisasi alam dengan rindangnya menambah teduh dan sejuk hati bagi yang menikmatinya.


yang ketiga adalah ............
Lokasi yang tepat untuk beristirahat anda. pantai yang juga menyajikan fasilitas bersantai berupa gazebo, dapat melengkapi waktu santai anda. sembari menyaksikan debur ombak yang menerjang batu karang nan kokoh, semilir angin turut memijat kepenatan anda. pantai ini benar-benar indah, indah karena tidak begitu dikenal luas. 


hijau, biru dan putih berpadu dalam harmonisasi alam
aku seteguh karang di lautan
Sebenarnya fasilitas di pantai ini sudah cukup baik. hanya saja barangkali lokasi pantai ini yang terlalu jauh dari kota sehingga tidak begitu ramai pengunjung. pantai Pasir Putih Malikan atau yang biasa juga disebut Tanjung Papuma, memiliki kekhasan tersendiri. pantai ini tidak saja menampilkan keindahan panorama laut namun juga kerindangan pepohonan yang telah ditata melengkapi keindahan bibir pantai.


Artikel Terkait
Comments
5 Comments

5 komentar:

  1. ga sabar dah nunggu mas Iman mampir d Sulawesi, nunggu keindahan alam Sulsel d eksplorasi lewat tulisannya

    BalasHapus
  2. hehehhehe... q berkali kali ke sini mas.. dan setiap q ke sini selalu saja papuma beralih2 wajah... kadang kala bagus dan cantik nian.. kadang kalaaaaa keliahatn muram.. tapi so far, aku suka banget pantai ini... tanah ini tanah kelahiran bapakku... hehhe.. gag sabar kapan mengunjungi tanah kelahiran emakq, banajrmasin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanpa harus ke pantai, Jember sudah menyuguhkan view landscape yang sangat wah. hamparan sawah yang luas, gunung yang tampak gagah di kejauhan dan udara yang sangat segar. terimakasih telah berkunjung...

      Hapus
  3. sama2 mas bro.... sukses selalu blognya :)

    BalasHapus