Sabtu, 29 Desember 2012

Padat Jamaah di Magat Sari Jambi

Masjid selalu menjadi pilihan bijak buat petualang. Tergantung masing-masing niat sih, ada yang memang sengaja meniatkan diri untuk bersilaturhmi, supaya bisa menambah khasanah wisata religi, ada juga yang menjadikan masjid sebagai tempat yang ramah untuk beristirahat sejenak. Salah satu masjid yang bisa anda jadikan lokasi berteduh sementara ketika berada di pusat kota Jambi adalah masjid Magar Raya. berada tak jauh dari pusat bersantai Ancol, kita berempat kembali menggendong keril berisi peralatan masak dan pakaian renang (ngga deng,bohong), karena ingin berhemat, maka berjalan kakilah kita. Terlihat persis orang sinting yang berjalan dengan menggendong kulkas di tengah ramai lancarnya kendaraan yang melintas dengan pusat perbelanjaan di setiap sudutnya. 



Lokasi : Ancol - Jambi
Kita terus berjalan menuju masjid terdekat, tentu saja untuk menunaikan kewajiban kita sebagai muslim yang tampan taat, yang menjadi daya tarik saya terhadap masjid ini adalah ramainya jamaah yang menghadiri shalat fardhu. Saat akan melaksanakan shalat ashar, saya tak tertinggal takbiratul ihram, tetapi hanya mendapat tempat di shaf ke empat. Padahal masjid ini adalah masjid raya dengan lebar shaf yang cukup luas. Tentu saja ini salah satu yang menyejukkan, jarang-jarang ada shalat fardu demikian ramainya. Memang dari waktu dhuhur hingga masuk ashar, masjid ini selalu saja diisi oleh jamaah yang sedang menunaikan ibadah shalat dikarenakan tertinggal shalat berjamaah. Saya memang selalu berusaha menyempatkan menengok masjid dalam beberapa perjalanann saya, teringat ketika berada di pesisir timur Borneo, sebuah desa pantai dengan beberapa masjid, di sana saya sempat hadir di tiga masjid di daerah tersebut. Masjid pertama, ketika shalat berjamaah hanya dihadiri oleh 3 jamaah, di masjid berikut, praktis hanya saya dan travelmate saya kali itu, dan di masjid berikutnya tak penuh satu shaf. Memang, masjid tersebut berada di desa tak padat, tetapi tak pantaslah kita meninggalkan bangunan yang seharusnya menjadi tempat baik untuk kita bermunajat.

Masjid Raya Magat Sari Jambi, salah satu masjid denga jamaah yang ramai dan menyisakan kesejukkan tersendiri di sini (tunjuk hati).

ooOoo
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar