Jumat, 04 Januari 2013

Bukit Tinggi - Sumatera Barat

Jam Gadang - Bukit Tinggi

Dari beberapa literatur yang pernah aku baca, Selain Bali dan Jogjakarta, nama kota Bukit Tinggi selalu bersanding dengan dua nama besar di atas. Bali, okelah, siapa sih yang sangsi akan keunggulannya, Pantainya pasti, pemandangan pegunungan ada, danau, sungai, budaya, kuliner, pokoknya komplit dah. Begitupun dengan Jogjakarta.


Kalau menurut saya, lokasi wisata (kota) menjadi nyaman itu karena suasananya yang sangat asyik buat bersantai. Tipikal wisata keluarga, artinya, kalau memboyong keluarga se-RT asyik asyik saja, karena lokasi tersebut ditunjang dengan segala kebutuhan dasar manusia pada prinsipnya.

Saya atau mungkin traveler lain pernah merasa tidak puas dengan objek wisata yang dikunjungi, bisa karena melihat view landscape yang ditampilkan karena memang 'kebolehan' sang photografer, atau terkecoh oleh tulisan. Tetapi, itu memang menjadi pembelajaran. Selain Bali dan Jogjakarta, ada beberapa nama kota lagi yang nyaman buat dikunjungi, seperti Bandung atau Manado. Nah, kali ini kita focus ke Bukit Tinggi saja.

Bukit Tinggi adalah kota di Sumatera Barat, kota sejuk dengan pemandangan gunung marapi dan singgalang. Kota ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Jika anda berlibur ke Sumatera Barat, saya lebih merekomendasikan untuk memilih kota Bukit Tinggi sebagai markas anda.

Lokasi yang paling cocok untuk memilih penginapan berada di seputaran Jam Gadang. Jam Gadang-lah yang sebenarnya menjadi  magnet para traveler untuk bertandang ke kota ini. Jam Gadang memiliki halaman yang tidak terlalu luas, tetapi cukup untuk bersantai. Suasananya yang teduh, bersahabat menjadikan lokasi ini bisa membuat anda betah berlama-lama menghabiskan separuh malam di tempat ini.

Di seputaran jam gadang terdapat pasar atas pasar bawah, pasar tradisional dengan banyak pedagang yang menawarkan barang-barang souvenir, kaos oleh-oleh, kerajinan tangan hingga bordir. Selain pasar, di lokasi ini mudah ditemukan beberapa penginapan melati dan tentu saja jajanan tradisional.

Suasananya yang nyaman, membuat anda tak perlu kuatir tanpa menyusun itinerary yang matang jika ingin berlibur ke kota ini. Di salah satu sudut halaman jam gadang juga terdapat pusat informasi wisata. Kunjungi dahulu stand informasi tersebut untuk memboyong brosur dan peta wisata Sumatera Barat.

Akses transportasi dari kota Padang, bisa menggunakan bis seharga 20 ribu, atau mini bus travel seharga 18 ribu. Terminal bis kota bernama Aur Kuning, dari Aur Kuning bisa gunakan angkot warna merah untuk ke Jam Gadang, dengan tarif 2 ribu rupiah.

Selamat berlibur, dan nikmati tiket promo anda.

Terimakasih buat Padang Backpacker Community : Uda Fahmi, Uni Yura dan Uni dMerry


ooOoo
Artikel Terkait
Comments
5 Comments

5 komentar:

  1. maaf mas iman mau tanya :
    1. apa nama terminal di padang yang melayani rute ke bukittinggi (apakah terminal di padang cuma satu atau ada banyak (sering dijumpai di beberapa kota punya banyak terminal antar kota)
    2. akses dari airport minangkabau ke terminal padang tsb (apakah dilayani bus damri)

    fakhruddin jakarta
    NB : maaf banyak tanya maklum newbie kalau harus solo traveller domestik xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terminal bus padang bernama Bingkuang, pasca gempa bumi tahun 2009 kemaren, terminal tersebut praktis tidak digunakan. Damri hanya melayani dalam kota saja, silakan naik damri dan turun di persimpangan jembatan layang, dari situ sudah banyak bus dan mini bus yang menawarkan jasa menuju kota Bukit Tinggi. Info dari Uni Yura, Backpacker Padang Community, mohon dikoreksi jika ada pembaca yang paham jalur transport ini.

      Sayapun saat di Padang, tidak melalui bandara Minangkabau, saya mampir di rumah teman di kota Padang, dan menunggu transport di pinggir jalan saja untuk menuju Bukit tinggi.

      Terimakasih mas Fakh yang 'newbie', photo2 anda dengan background pagoda hingga masjid berkubah emas sungguh indah.

      Hapus
    2. kalau penginapan murah di seputaran jam gadang bagaimana mas?? apakah bisa kita go show & ubek2 lokasi sekitar situ & bisa dapat? soalnya timing saya saat datang ke bukittinggi saat weekend & khawatir penuh?

      fakh

      Hapus
  2. hemmmm keren emang bukit tinggi, kota yang sukses membuat miskiin kantong krn kalapp beli kaos"bukit tinggi" dalam jumlah banyak hanya aku akai sendiri wkwkkww

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, setuju. kaos-kaosnya murah dan variatif. suasana di bukit tinggi apalagi jam gadang, asik banget...

      Hapus