Selasa, 19 April 2011

Semalam di Malang

Mengunjungi kota Malang dimulai dari perjalanan kabupaten Jember Jawa Timur  (trip sebelum ini baca di judul ; ‘Tiga Pantai, Dua Hari di Satu Kota) menyusuri kota-kota kabupaten di Jawa Timur menenteramkan jiwa, karena bis yang aku tumpangi memberikan cerita dan pemandangan indah memanjakan mata. Dimulai dari kecamatan Umbulsari tempatku menginap, dengan diantar dengan sepeda motor menuju terminal untuk melanjutkan perjalanan ke kota malang, rencana awal adalah mengunjungi gunung kawi di kepanjen malang, bukan mau ngapa-ngapain disana cuma sekedar pengen tahu aja seperti apa tempat itu koq begitu masyhurnya,,,hehehe.

Ketika di tengah perjalanan, melintas sebuah bis bertuliskan kota malang, ketimbang diantar sampe terminal aku minta diturunkan di jalan saja menghadang bis menuju kota malang, dan setelah pamit atas kebaikan mas edi (teman yang setia mengenalkan budaya dan pariwisata kabupaten jember), aku langsung menaiki bis tersebut. Perkiraan sih, siang hari udah nyampe di malang, terus lanjut ke Kepanjen.
Duduk manis di bis sambil celingak celinguk aku tersadar ternyata aku salah menumpangi bis ini, ini bukanlah bis patas, waduh, bakalan lama deh nyampainya. Tapi ya karena ini perjalanan wisata, ngga ada tujuan lain selain melihat wajah kota kota di Indonesia jadinya dibuat enjoy saja. Bis bergerak lamban seraya mencari penumpang, bahkan sempat ganti bis di salah satu terminal, keindahan alam mulai menghapus kelelahanku, apalagi saat merayapi tanjakan, terlihat juga hamparan kebun singkong nan luas di seberang gunung semeru yang gagah perkasa. Daerah kabupaten malang memang memiliki struktur tanah yang berbeda dengan pulau jawa umumnya, berbukit dan berhawa sejuk.

semeru dari kaca bus malang

Hingga menjelang waktu maghrib, baru nyampe di malang kota, aku putuskan membatalkan untuk melanjutkan ke gunung kawi, dan mencari penginapan di kota malang (dapat hotel di jalan jaksa agung suprapto) dan setelah cek in, jangan buang buang waktu, saatnya ngelayap menyusuri kota malang yang gemerlap. Karena hotel ini udah dibooking untuk esok hari, akhirnya aku ‘diusir’ dari hotel, trus coba nyari hotel yang ada disebelahnya juga ternyata sama hotel ini udah dibooking oleh rombongan apa gitu, ya udah ke Bogor aja, lewat juanda. Tiket pesawat,,,belum ada sih, ntar aja cari di airport, haha perjalanan ini bukan tidak dipersipkan dengan itinerary yang matang, tapi kali ini memang konsep yang aku lakoni adalah membiarkan kemana hati dan mauku…. Semalam di kota malang, kuhabiskan dengan menelusuri kota dari satu sudut mall ke mall yang lain, puter-puter mirip labi-labi, tak lupa mencari makanan khas kota ini berupa keripik buah-buahan….hingga pukul 12.00 malam, saatnya kembali ke hotel untuk beristirahat sejenak, memulihkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan ke kota selanjutnya esok hari.

Keesokan pagi dikota malang, bersegera menuju terminal arjosari untuk melanjutkan perjalanan ke terminal bungurasih di Surabaya. Semalam di malang, tak membuatku merasa dirundung malang…….

Artikel Terkait
Comments
1 Comments

1 komentar: