Sabtu, 02 Maret 2013

Ngarai Sianok, patahan bumi di tanah Sumatera

Sepintas mengunjungi lokasi ini tak ada bedanya dengan mengunjungi lokasi biasa. Suasana sejuk, dinding tebing yang tegak, air sungai mengalir, tanaman yang rindang, hingga beberapa petak sawah yang menghijau. Di beberapa titik terdapat warung makan yang menyajikan kuliner khas daerah setempat, apalagi kalau bukan masakan padang.

Ngarai Sianok

Saya berada di sebuah rumah makan, tepatnya berada di jalan raya bukittinggi – lambah maninjau, sumatera barat. Rumah makan tersebut bernama “sianok kuliner”. Dari namanya, tentu warung makan tersebut menawarkan pemandangan unggulan kota bukittinggi, ngarai sianok. Berada di rumah makan ini, membantu saya menikmati keindahan ngarai di salah satu sisinya. Sebagai informasi, ngarai ini memiliki panjang lintasan sejauh 15 kilometer, bisa anda bayangkan jika anda menyusurinya hingga ke akhir ngarai. Dengan menikmati menu gulai itiak lado mudo, saya terus membiarkan mata saya menikmati suguhan keindahan alam negeri ini.

Menuju rumah makan yang berada di lembah ngarai sianok, saya memulainya dari penginapan yang berada tak jauh dari jam gadang bukit tinggi. Berbekal handymap, saya dan bersama seorang teman traveler saya, menyusuri jalan cukup dengan berjalan kaki saja. Hari saat itu masih pagi, kami membiarkan otot-otot kaki berfungsi sebagai mana mestinya, bukan sekadar persoalan tidak menggunakan sarana transportasi, tetapi, karena jarak yang memang tak terlalu jauh, menikmati alam ngarai sianok saya kira cukup tepat dengan berjalan kaki saja. Kita bisa menikmati landscapenya mulai dari ketinggian, hingga ketika berada di lembahnya.

Dari rumah makan tersebut, kami kembali menuju kota bukit tinggi, tetapi tidak melalui jalan yang sama, kami menuju anak tangga meski awalnya tak tahu akan kemana. Tiba di anak tangga terakhir, ternyata kami berada di taman panorama. Seorang bapak tua menghampiri kami untuk menagih retribusi masuk taman. Dari taman ini, terdapat menara kecil untuk pengunjung agar bisa menikmat keindahan ngarai sianok lebih jelas. Dari atas menara inilah, kita bisa menemukan alasan, mengapa ngarai sianok mendapat prioritas sebagai salah satu tujuan wisata andalah kota bukit tinggi.

Ngarai, adalah sebuah patahan bumi. Sederhananya, beberapa bagian bumi terbelah hingga membentuk parit berukuran besar. Salah satu ngarai terkenal di dunia adalah Grand Canyon yang berada di amerika serikat. Menikmati ngarai sianok dari menara yang berada di taman panorama ini, akan mempermudah memahami apa sebenarnya yang disebut ngarai. Ngarai, bukan sekadar tebing, sungai yang melintas ataupun hamparan tanaman yang menghijau, tetapi lebih pada sebuah pergerakan tanah yang sebenarnya ‘mengerikan’ jika terjadi lagi dengan patahan yang sangat panjang dan dalam. Ngarai ini (sianok) memikili lintasan sepanjang 15 kilometer, dengan kedalaman jurangnya sekitar 100 meter dan lebar jurang sekitar 200 meter. Sementara Grand Canyon, mempunyai panjang lintasan sejauh 446 kilometer, kedalaman jurang hingga 1,6 kilometer dan lebar jurang hingga 29 kilometer.  Menurut penelitian, grand canyon terbentuk dua ribu juta tahun lalu. Nah, bagaimanakah jika akan terjadi lagi patahan bumi seperti demikian di kemudian hari?

ooOoo
Artikel Terkait
8 Comments

1. saya sempat mengunjungi kawasan ini, sebenarnya dari segi selera, saya sangat jarang mengunjungi spot wisata alam, namun pada saat trip kemarin, hati ini luluh juga setelah melihat keindahan ngarai secara langsung

fakh m

Balasan
    1. benar, menurut saya mungkin 'biasa' saja, tetapi dengan mempelajari historisnya akan lebih nikmat dalam memahami apa yang kita lihat. terimakasih banyak mas fakh telah berkunjung.

Hapus
  2. 3 hari yang lalu saya dan teman2 mengunjungi Bukit Tinggi khususnya Ngarai Sianok (melintasi lembah saat menuju Matur), nah yang saya dapati beberapa teman yang pernah ke Ngarai Sianok tidak tahu sejarah geologinya dan merespon biasa saja. Saya beruntung karena mengetahui sejarahnya sebelum melihatnya langsung... Kagum atas kekuasaan-Nya

Balasan
    1. Setuju. Ada baiknya seorang traveler mempunyai sedikit teori tentang apa yang akan ia kunjungi, karena sesungguhnya apa yang tampak oleh mata, akan menjadi lebih indah jika didahului dengan pengetahuan yang luas.

Teimakasih sudah berkunjung.

Hapus
  3. jadi kangen ngarai sianok hahhagz... sayang ga bisa menikmati dg tenang.. apalagi sambil merenung.. duh mood jelek merusak kenikmatanku :D

4. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS .